skip to Main Content
Langkah Kecil Mengurangi Polusi Udara

Langkah Kecil Mengurangi Polusi Udara

PAM WIYUNG – Surabaya, Selayaknya manusia tentu-nya kita wajib menjaga alam yang secara alami kita juga bergantung padanya. Namun beberapa oknum banyak mengeruk / mengeksploitasi alam tanpa pandang bulu. Seperti menebang pohon sembarangan, merusak hutan untuk pembangunan lahan pemukiman dengan menghiraukan daerah resapan air dan masih banyak lagi.

Seperti pembahasan sebelumnya pada artikel tentang Permasalahan Polusi Udara Di Kota Besar. Nah sebagai individu yang peduli lingkungan, bagaimana sih langkah kita dalam menjaga lingkungan, terutama masalah pencemaran / polusi udara?

Berikut adalah langkah kecil mengurangi polusi udara :

1. Beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum

Kendaraan pribadi merupakan salah satu penyumbang utama kemacetan dan asap yang keluar dapat menyebabkan polusi udara. Dengan beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum, dapat meminimalisir pencemaran udara akibat asap kendaraan.

Sementara itu, jika memang membutuhkan kendaraan pribadi, pastikan mesin kendaraan dalam keadaan baik. Untuk mengetahui kinerja mesin kendaraan, Dapat melakukan uji emisi pada bengkel-bengkel terdekat.

2. Bersepeda dan berjalan kaki

Bersepeda atau berjalan kaki merupakan cara mudah saat ingin bepergian dalam jarak dekat. Selain tidak menghasilkan polusi, bersepeda dan berjalan kaki juga baik untuk kesehatan tubuh.

Meskipun demikian, disarankan untuk menghindari jalan raya atau jalan yang ramai dan padat saat berjalan kaki atau bersepeda guna menghindari paparan polusi asap kendaraan.

3. Tidak membakar sampah

Sebagian orang mungkin berpikir bahwa membakar sampah dapat mengurangi masalah timbunan sampah. Padahal, kebiasaan buruk ini merupakan salah satu penyebab pencemaran udara.

Asap hasil pembakaran sampah berbahaya bagi kesehatan tubuh karena mengandung zat-zat beracun.

Paparan asap pembakaran sampah atau kabut asap dalam jangka panjang diketahui dapat meningkatkan risiko berbagai masalah kesehatan, seperti infeksi saluran penapasan, gangguan jantung dan paru-paru, PPOK, serta kanker.

4. Membatasi pemakaian listrik

Tenaga listrik di Indonesia kebanyakan masih diperoleh dari mesin pembangkit listrik yang menggunakan minyak atau batu bara, sehingga menciptakan banyak asap dan polusi.

Oleh karena itu, untuk mengurangi polusi udara di kota, Agar membatasi pemakaian listrik guna mengurangi emisi pembangkit listrik penyebab pencemaran udara tersebut.

Juga bisa mulai membatasi penggunaan listrik dari hal-hal kecil, seperti tidak menggunakan lampu pada siang hari dan mematikan alat elektronik bila tidak digunakan.

5. Memelihara lebih banyak tanaman

Jika memungkinkan, memperbanyak tanaman di dalam rumah atau berkebun di sekitar rumah bisa mengurangi polusi. Tanaman akan melepaskan oksigen dan menarik karbon dioksida dari udara, sehingga udara di dalam rumah dan lingkungan sekitarnya menjadi lebih segar.

Sumber :https://www.alodokter.com/menepis-polusi-udara-di-kota

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back To Top