skip to Main Content
Baik Untuk Kesehatan 5 Tanaman Yang Cocok Di Dalam Ruangan

Baik Untuk Kesehatan 5 Tanaman Yang Cocok Di Dalam Ruangan

PAM WIYUNG – Surabaya, Di masa pandemi yang belum terlihat buntut akhirnya, tentu aktivitas yang sering kita lakukan lebih banyak di dalam ruangan. Menurut Chairman of Green Product Council Indonesia Hendrata Atmoko mengatakan, aktivitas manusia lebih banyak dilakukan di dalam ruangan.

“Kami mengikuti bahan bangunan yang ramah lingkungan. Kami ingin mempopulerkan penggunaan bahan bangunan ini karena 80 persen hidup manusia berada di dalam gedung,” ujar Hendrata saat peluncuran produk baru Gyproc di Jakarta, Rabu (2/8/2017) dilansir dari Kompas.com.

Semakin sering berada di ruangan tentunya akan timbul polusi udara loh. Ruangan bisa saja memiliki kotoran, debu, atau gas tertentu. Apabila tergolong membahayakan ketika terhirup, partikel-partikel yang melayang di udara tersebutlah yang dinamakan polusi udara dalam ruangan.

Namun alangkah baiknya mencegah adanya polusi di dalam ruangan agar sirkulasi udara dalam tubuh kita berjalan normal. Nah kali ini penulis ingin membagikan tips tanaman yang ramah lingkungan dan cocok berada di dalam ruangan.

1. Lidah mertua

Tanaman luar biasa yang dapat kamu tambahkan ke ruang kamar tidur atau sudut rumah mana pun. Lidah mertua memiliki bentuk yang seperti mata pedang, sehingga sering kali disebut dengan tanaman pedang-pedangan.

Nama lain dari lidah mertua adalah Sansevieria atau Snake Plant. Tanaman ini membantu meningkatkan kualitas udara dan menghilangkan semua racun dari rumah. Mereka dapat disimpan di dalam ruangan dan sudut tertutup karena tidak membutuhkan sinar matahari langsung.

2. Lidah buaya

Dengan banyak manfaat seperti perawatan kulit, kesehatan dan efek penyembuhan, lidah buaya adalah tanaman dengan tujuan khusus yang dapat disimpan di dalam ruangan karena tidak membutuhkan banyak perawatan.

Selain isi daun lidah buaya yang dapat menghaluskan kulit, rambut, dan mengobati luka bakar, meletakkan lidah buaya ke dalam ruangan banyak sisi positif yang bisa didapat. Meletakkan lidah buaya dapat membantu menyerap polusi bahan kimia yang ada dalam ruangan yang ditemukan pada bahan pembersih dan pengharum ruangan.

Bahkan lidah buaya yang diletakkan dalam ruangan dipercaya bisa membuat tidur lebih nyaman dan nyenyak. Meski tidak memiliki aroma wangi sama selali, lidah bisa menenangkan pikiran dan meredakan stres.

3. Daun ivy

English Ivy ini bertindak sebagai pembersih udara yang luar biasa, dapat mengobati penderita asma dan menyembuhkan orang yang sedang stres. Tanaman ini dapat disimpan di kamar tidur karena membantu memberi seseorang tidur malam yang nyenyak.

4. Rosemary

Tanaman yang begitu estetik dan cantik saat diletakkan di dalam ruangan yang mampu membaur dengan dekorasi apapun. Tanaman ini juga memiliki manfaat untuk meningkatkan konsentrasi, kehilangan memori, dan meredakan nyeri otot.

Kamu juga bisa menggunakan daun rosemary sebagai tambahan ke teh, salad dan sebagai bagian dari bahan makananmu. Menarik bukan bisa multifungsi penggunaa-nya

5. Lavender

Tanaman cantik berwarna ungu yang menarik bagi mata dan aromanya membantu menenangkan pikiran. Lavender merupakan salah satu tanaman yang baik diletakkan di kamar tidur karena memiliki aroma menenangkan.

Aroma yang dimiliki lavender mampu mengurangi kecemasan dan insomnia. Cocok nih bagi yang suka overthinking hehe.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Back To Top